Rabu, 20 Juni 2012

Tour de Sumbawa (Jawa-Bali-Lombok-Sumbawa) 12 Juni-19 Juni 2012



Bocah Petualang.. ya, salah satu judul program TV swasta yg menayangkan seorang anak kecil di berbagai tempat di Indonesia yang menampilkan ciri khas dari daerah tersebut.  Saya coba menerapkan hal tersebut dalam diri saya, seorang anak kecil (anak yg berbadan kecil) yang selalu ingin menjelajahi kota-kota di seluruh Indonesia. Setelah sebelumnya saya sudah mengunjungi Pekanbaru-Padang-Jambi-Palembang-Bengkulu-Lampung-Serang-Bandung-Semarang-Yogyakarta-Madura-Surabaya sampai terakhir berujung di Denpasar. Setelah lama mengidamkan ingin menginjak pulau Lombok dan Sumbawa, akhirnya inilah saat yang tepat untuk memulainya.  Seperti biasa, seluruh perjalanan ke kota” yg saya kunjungi harus menggunakan Bis dan Kapal laut, tidak dengan pesawat. Kenapa ? karena saya seorang BisMania. Apa itu BisMania? Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di www.BisMania.Org

 
Hari Pertama ( 12 Juni 2012 )
Pagi itu saya terbangun dengan kertas yang berantakan di kasur saya. Setelah semalaman belajar suntuk karena gak konsen antara belajar buat uas dengan angan” turing ke Sumbawa besok.  Sebelum berangkat ke Sumbawa, saya masih harus menyelesaikan kewajiban saya sbg seorang Mahasiswa, yaitu UAS. Hari itu UAS terakhir yg berlangsung pukul 8 pagi sampai 10 pagi. Entah kenapa sesampai di kampus tangan saya dengan cepat menulis jawaban soal uas tersebut. Mungkin karena udah gak sabar mau turing jadi semuanya berjalan sangat singkat. Saya mahasiswa pertama yg keluar dari ruang ujian, tidak bangga karena belum tentu bener jawabannya.  Kembali ke prinsip awal saya, “Jangan sampai kuliah mengganggu hobi kita”, maka melesat lah saya menuju terminal Rawamangun setelah itu.

Sampai di Terminal Rawamangun jam 1 siang, dan saya akan di jemput ke tempat bis berangkat yaitu di terminal Pulogadung menggunakan mobil jemputan. Saya akan berangkat ke Bima, Sumbawa dengan bis Safari Dharma Raya alias OBL. Setelah melunasi tiket, saya mampir ke tongkrongan anak BMC di terminal Rawamangun, tepatnya di tempat jualan soto. Nama penjual soto nya Mul, begitu masyarakat menyebutnya. Atau bisa di follow twitternya di @Mulyani_RM untuk mengenal lebih lanjut.  Di sini sudah banyak teman” BMC yg datang untuk membagi informasi kepada saya seandainya pulang dari bima nanti butuh info bis yg murah dengan cara “ngeteng”. Teman saya Fananie gandie sebagai master bis ketengan menjelaskan secara detail kepada saya.  Jam 3 sore, saya diantar ke terminal Pulogadung. 

Sesampai di PG, belum nampak bis yg akan saya naiki. Terpaksa saya menunggu sambil ngobrol dengan tukang asongan yg lagi istirahat disana. Niat hati Cuma pengen beli tisu dan ngobrol sekedar, eh si abang malah curhat. Yaudah jadi pendengar yg baik aja lah. Jam 5 sore bis nya dateng, langsung penuh diserbu penumpang yg sudah sejak tadi menunggu. Mereka berebut untuk meletakkan barang mereka di bagasi karena penumpang ke sumbawa selalu membawa barang yg sangat banyak. Bahkan sampai di taro di dalem bus dan di susun di bawah kursi mereka. Satu hal yg pasti, fasilitas Legrest sama sekali tidak ada gunanya bagi mereka. 

 
Masuk kedalam bus, agak kaget juga saya dibuatnya. Katanya bis memakai Legrest, memang benar pakai Legrest tapi hanya barisan kedua sampai belakang saja, bangku depan sama sekali tidak ada Legrest. Saya duduk di bangku nomor 1.  Padahal saya pilih bis ini karena satu”nya yg pake Legrest ke Bima, tapi apa daya malah saya yg tidak bawa barang apa” ga kebagian legrest.  Yowes lah legowo saja, sing penting tetep mangkat dan selamet sampe tujuan.  Sebelah saya kursi kosong, penumpangnya baru naik di Cirebon. Lumayan lah ya selonjorannya ke kursi sebelah bukan ke legrest hhe. walaupun bis ini termasuk bis executive class, jangan harap anda dapat kenyamanan di dalamnya karena ini lebih tepatnya Ekspedisi class dengan barang bawaan penumpang yg banyak di dalamnya. 

Setelah semua barang rapi tersusun, bis berangkat tepat jam 18.00 wib. Keluar terminal langsung disambut macetnya kota jakarta. Enggak kaget lah ya. Lagi enak”nya selonjoran, ada bapak” dateng dari kursi belakang dan duduk di bangku sebelah saya. Pertamanya sih enak ngobrol basa basi, lama” si bapak malah ngobrol politik di Indonesia dengan sejuta pendapat nya terhadap pemerintah. HELLOO, Sok iye banget loh.. segera saya bilang, “maaf pak, saya sama sekali tidak menyukai politik di Indonesia”, saya kemudian memilih diam dan pura” tertidur supaya si bapak segera pindah lagi ke belakang. Eh dia malah ikut”an tidur di sebelah gw. Njeeengg !!! 

Memasuki pantura, jalanan macet lumayan panjang. Kata Gandi tadi siang ada jembatan rusak setelah fly over. Benar saja, bis saya langsung blong kanan setelah bis Muriaan pada blong kanan duluan.  Sampai di rumah makan pertama di RM Taman Sari Pamanukan jam 10, para penumpang segera turun untuk istirahat dan makan.  Lagi enak”nya makan, ada yg BBM. Dari pak Hengky Adrien, driver Lorena yg sangat terkenal di kalangan anak BMC. Beliau bbm suruh nungguin dia yg lagi otw ke RM Taman sari juga. Pas banget sebelum bis mau berangkat, beliau masuk. Basa basi ke crew OBL buat nitipin saya sampai ke Bima. Ngomongnya pake bahasa jawa sih, jadi saya ga ngerti deh. Intinya sih “titip ponakan saya yg mau ke Bima ya”. 
 
Abis makan, perut kenyang, mata jadi ngantuk. Ditambah AC thermo king dengan slogannya “Irama sejuk sentosa” membuat saya semakin terlelap. Satu hal yg saya ingat, ketika bis saya di pepet bis Handoyo gara” ga dikasih jalan mau ambil kanan.  Over taking mengagumkan ditunjukkan driver bis Handoyo yg membuat nyali driver saya diam ga berani ngapa”in. Bis mendadak jalan pelan sepelan-pelannya. 
 
Hari kedua ( 13 Juni 2012)
Kalo kata @Rhovant, “bangun pagi di bis itu sesuatu”. Emang bener, bagi kami penikmat bis untuk turing saat bangun pagi hari di bis itu emang mengasyikkan. Waktu menunjukkan pukul 7 pagi, posisi bis saat itu berada di kota Demak. Hmm jadi ingat kelas 3 SD dulu saya pernah ziarah 8 wali salah satunya di kota Demak ini, makam Sunan Kalijaga. Kenapa Cuma ziarah 8 wali gak 9 wali? Karena makam sunan Muria terletak di atas bukit yg tidak mampu dijangkau oleh rombongan Ibu” pengajian yg saya ikuti dulu sama Ibu saya. Hhe
 
Perjalanan terus berlanjut, habis demak lanjut kudus,pati, lasem, rembang sampai ke rumah makan ke dua yaitu di Kragan, nama rumah makannya RM Mitra. Macet semalam membuat jarak waktu makan kami menjadi lama. Dari RM Taman sari semalam jam 10, sampai di sini jam 10 pagi. 12 jam saya tidak makan Cuma ngandelin air doang. Untung saya sudah terbiasa karena waktu turing ke Sumatra jarak waktu makan antara Jambi dan Sumbar sekitar 8 jam. Nyampe sini kebayang lah porsi nasi yang saya ambil beserta lauk nya yg sangat sederhana. Sekalian ngecharge HP yang tumben”an GRATIS disini. Entah gratis atau saya nya yg langsung kabur begitu saja setelah ambil HP, lah wong gak di jagain dan gak di tagih juga. 




Lanjut lagi perjalanan sampai memasuki kota” di Jawa Timur. Saya terbangun di daerah Sidoarjo, baru kali ini saya liat tanggul lumpur lapindo yg cukup tinggi sehingga ga keliatan lumpurnya dari jalanan. Sepanjang tanggul terpampang tulisan” bernada marah, kesal, sindiran, dsb karena masalah lumpur lapindo yg belum terselesaikan juga.  Sampai teruus perjalanan memasuki rumah makan ketiga di Probolinggo. Nama rumah makan nya saya lupa, yg pasti saat saya mau ngambil makanan, lauknya sudah tinggal sedikit dan saya hanya mengambil sisa”nya saja. Pelayanannya agak lambat sehingga saya terlampau kesal dan makan seadanya saja, Cuma nasi putih kering sama mie goreng, Tok.  Setelah makanan saya hampir habis barulah lauk” tadi di tambah kembali. Njeeeng !!. yang pasti, makan disini gak diminta kupon service makan dan saya juga gak bayar. Penumpang lain juga ga pake kupon dan sehabis makan langsung pergi.

Malam hari, bis konvoi dengan bis OBL lain tujuan Denpasar. Memasuki kota situbodo sampai Banyuwangi pelabuhan Ketapang. Saya terbangun saat bis sudah memasuki pelabuhan ketapang. Posisi bis persis di depan dermaga 2, gak lama kemudian bis masuk ke kapal bersama bis Tiara Mas tujuan mataram.  Sampai di atas kapal sedikit terhibur oleh pertandingan Euro 2012 antara Denmark vs Portugal kalo ga salah. Cuma setengah jam saja nyebrang, kami sudah sampai di pulau Bali. Hmm, long time no see Bali. saat bis keluar dari kapal, seluruh penumpang bis diperiksa KTP nya di pelabuhan Gilimanuk. penumpang disuruh turun dan kemudian berjalan ke tempat pemeriksaan KTP. bagi KTP nya yg sudah mati kena denda sebesar 20rb. so, jangan lupa bawa KTP kalo ke Bali ya..

Bis melaju dengan kencang setelah keluar kapal, jalan dari gilimanuk sampai memasuki kota Denpasar cukup menyenangkan.  Bis kembali memasuki rumah makan, kali ini pelayanannya lebih kurang memuaskan lagi.  Kupon makan yg tinggal 2 di ambil semuanya disini, kata pelayannya “ ini kupon service makan terakhir”. Lah padahal masih sisa 2 kupon. Saat mau ambil nasi, ternyata nasi nya di ambilin oleh pelayannya, dan sangat sedikiiiiiiiiiiitt banget nasinya. Minta tambah nasinya, bener sih ditambahin, gak lebih dari 2 sendok makan nambahinnya.  Lauknya tempe juga diambilin sama pelayannya masing” 1 potong tempe satu orang, sama sayur sop biar gak seret. Saya lupa deh di kasih ayam apa ngga waktu itu. Kayanya sih enggak

Yowes lagi-lagi saya bersikap legowo, yang penting makan walaupun sangat sederhanaaaaaaaaa sekali. Sekalian ngecharge HP disini saya pesen pop mie lagi akibat makan sangat tidak kenyang.  Nah giliran “yang bayar” kaya ngecas hp sama mesen popmie pelayannya friendly banget.  Senyum manisnya mengalahkan senyum manis Dian sastro kalo lagi nengok kebelakang. :D Lanjut lagi perjalanan, memasuki kota Denpasar yg ramai akan wisata dan tongkrongan anak” gaul. Saya tidak tertarik sama sekali, yg saya tunggu adalah bis memasuki terminal ubung, Denpasar. Eh malah ga masuk terminal tautau saya tertidur dan terbangun sudah di pelabuhan Padang bai. 

Hari ketiga (14 juni 2012)
Pemandangan di padang pai saat itu sungguh menawan, dimana perpaduan antara cahaya matahari pagi dan awan gelap malam yang belum sepenuhnya pudar. Awan di kota Denpasar masih sedikit gelap, tapi di pelabuhan sudah nampak sedikit terang. Bis segera masuk kapal di dermaga 2. Nama kapalnya KMP Dharma Sentosa, kapal dibawah naungan “Lautan Dharma” selalu bagus dan dilengkapi fasilitas hiburan.
Saya segera mencari posisi yg pas untuk mengambil sedikit gambar, lalu mencari sofa panjang di dalam kabin untuk tidur lagi. Perjalanan laut memakan waktu normal 5 jam sampai ke pelabuhan Lembar, Lombok.







 
2 jam saya sempat tertidur, ketika melihat keluar sudah berada di tengah lautan tanpa pulau di sekeliling. Saya mengeluarkan cemilan dari tas doraemon saya, pergi keluar dan mencari teman. Di luar, saya menghampiri 2 orang pemuda yg sedang ngobrol. Sama” penumpang bis OBL tujuan sumbawa.
Namanya Ivan riki, dan Yadi saputra. Ivan asli penduduk Dompu, sedangkan yadi penduduk Sumbawa besar.  Satu pesan saya disini, jangan terlalu percaya sama muka orang yang kelihatannya serem, tapi pas diajak ngobrol mereka baiiiiikk se baik”nya. Apalagi yadi, dia bekerja di Palembang dan akan ke Sumbawa naik bis dari palembang sampai sumbawa. Wah ini baru BisMania nih. Yadi sangat senang ketika tahu saya juga sering main ke palembang, dia segera meminta nomor hp saya kalau nanti ke Palembang bisa ketemuan di jembatan Ampera dekat tempat dia bekerja. Lumayan kaan hhe. 




 
Pas 5 jam perjalanan kapal sampai ke pelabuhan Lembar, Lombok. ombak sangat bersahabat saat itu. Pemandangan di pelabuhan Lembar juga cukup memuaskan mata. 


Bis turun dari kapal, dan saya bersiap untuk melihat pulau yang belum pernah saya kunjungi ini.  Tidak begitu menarik perhatian kondisi jalan di pulau Lombok. Kondisi jalan yg hanya setapak dan di hiasi pepohonan membuat perjalanan sangat membosankan. Kami tiba di kantor perwakilan OBL di kota Cakranegara, Mataram. Disini penumpang yang tujuan Mataram pada turun, dan bus berhenti agak lama untuk istirahat. Saya makan disini beserta penumpang OBL lainnya, anehnya disini juga makan tanpa kupon service makan dan kami juga tidak membayar untuk makan.  Lauknya telor dadar bulat tipis di potong 15, dan sayur sop.  Oh ya, toilet di kantor OBL sini sangat bersih dan enak buat mandi.  

Lanjut lagi. Bis bergerak ke arah timur pulau lombok, yaitu ke Pelabuhan Kayangan. Sedikit agak macet karena perbaikan jalan dan pasar di pinggir jalan. Disini banyak sekali Cidomo, kalau di jakarta namanya Delman sebagai alat angkut masyarakat Lombok. Sama sekali tidak tampak keindahan alam sepanjang jalan dari pelabuhan lembar sampai pelabuhan kayangan. Pemandangannya sangat monoton yg hanya menampilkan jalan setapak dan pohon”  kecil menghiasi jalan. Tapi jangan tanya dengan wisata bahari di Lombok ini, Amazing.

Tiba di pelabuhan kayangan pukul 4 sore kalo ga salah. Di parkiran sudah nampak bis Rasa Sayang yang saya lihat di terminal pulogadung kemarin. Kami harus mengantri lama disini karena sistem nya antrian dengan melihat siapa yang datang lebih dulu. Berbeda dengan di pelabuhan Merak-Bakauheni dimana angkutan pribadi dan umum didahulukan, lain halnya disini angkutan umum tetap mengalah dengan truck” barang yang akan menyebrang. Hal itu terlihat saat ada cekcok antara petugas pelabuhan yang sempat mempersilahkan bis kami untuk masuk kapal duluan, sedangkan Truck itu sudah menunggu 3 hari di sana. Akhirnya terjadilah perang mulut antara petugas pelabuhan dan supir truck. Tapi tidak berlangsung lama karena bis kami kembali masuk jalur antrian lagi dan truck tersebut dipersilahkan masuk kapal.  

Entah jam berapa kapal selanjutnya akan tiba di kayangan dari Pototano sumbawa. Yang jelas sejauh mata memandang ke tengah laut tidak ada kapal yang bergerak menuju pelabuhan kayangan. Nanya ke petugas pelabuhan, mereka bilang paling malem jam 7an. Yaudah sambil menikmati sunset pelabuhan kayangan, kami (saya, ivan,dan yadi) keliling pelabuhan untuk mencari makan malam. 

Kami makan di salah satu warteg yang sangat bersih di sana, kelihatannya si penjual berasal dari sunda terdengar dari logat dan percakapan dgn pelayan yg lain. Agak benar dugaan saya tatkala melihat lauk yang disediakan juga banyak lalapan khas sunda dan beberapa ayam, ikan, dan udang goreng. Untuk makanan seafood disini mungkin saja mereka tinggal ngambil di pinggir dermaga pelabuhan, karena saya melihat ikan dan udang yang sangat berlimpah disana.  Yowes, pesen kangkung sama ayam goreng aja. Si yadi dan ivan sangat menyukai seafood kayanya, entah mungkin karena terbiasa makan seafood di kampung mereka yg mayoritas berprofesi sbg nelayan. Selesai makan kami kembali ke pelabuhan, disana tampak 5 orang remaja wanita yang akan nyebrang ke sumbawa juga. Sambil menunggu kapal datang saya sedikit bermodus” ria dengan mereka. 

Jam 7 malam kapal beneran datang. Pelabuhan mendadak jadi rame lagi setelah 3 jam sepi tanpa pergerakan. Bis “ yang mengantri langsung pada di starter, begitupun dengan truck barang yg sekali starter asap nya sampe ke muka kami yg nongkrong di belakang truck. Bongkar muat berlangsung selama satu jam. Akhirnya kami masuk kapal juga, kapal kecil yang dilengkapi fasilitas sederhana tapi sangat nyaman untuk istirahat. Waktu tempuh pelayaran untuk sampai ke pulau sumbawa paling lama 2 jam kata Yadi. 
 
Selama satu jam pertama berlayar arus laut berjalan dengan sangat tenang. Entah kenapa setengah jam menjelang mendarat, arus laut tiba” berubah sangat drastis. Kapal yg kami tumpangi di hantam ombak yg menurut saya cukup besar karena belum pernah nemu ombak kaya gitu selama turing ke Sumatra. Kapal terdorong arus sampai sejauh 50 meter ke kanan dari jalurnya. Sang nahkoda kapal berusaha mengembalikan kapal ke jalurnya ke arah kiri lagi, namun mentah lagi di terjang ombak.  Selama 15 menit kapal berusaha melawan arus laut dan ombak yg menerjang kapal. Sedikit parno juga saya di kapal ini, maklum saja selama turing ke sumatra via selat sunda belom pernah kapal bergoyang separah ini, karena kapal di selat sunda relatif besar drpd kapal” disini, dan juga selat sunda tidak berhadapan langsung dengan laut samudera lepas seperti disini. Yadi dan ivan santai saja dengan ombak seperti ini, mukanya polos sambil nyeruput kuah sisa” pop mie yg dibeli di pelabuhan tadi. 

Pas 90 menit kami berlayar, pelabuhan Pototano sudah tampak di depan mata. Ombak pun normal seperti sedia kala. Kapal merapat dengan mudah, kami segera turun ke bis untuk melanjutkan perjalanan di pulau sumbawa yang amazing ini. Bis keluar perlahan, dan langsung tancap gas ketika mendarat. Mata saya disuguhi lintas sumbawa yang sangat mengasyikkan. Jalanan panjang dan berkelok dengan laut di sebelah kiri tanpa pembatas. Sebelah kanan jalan dipenuhi bukit tandus dan savana. Sayangnya saat itu malam hari sehingga saya tidak bisa mengabadikan lintas sumbawa ini. Driver OBL kami sudah mengerti seluk beluk jalan dengan baik, terbukti bis berjalan sangat kencang melibas setiap tikungan yang ada. Buat anak motor yg ingin turing kesini, bersegeralah. Asal jangan ngerem mendadak karena hewan liar yg sering menyebrang, karena jalanan sedikit berpasir dan bisa” kepeleset dan nyebur ke laut. Tidak ada pantai, langsung nyebur ke laut.

Jam 12 malam bis memasuki Rumah Makan Paiton, sumbawa besar. Agak males juga makan tengah malem gini tapi kata keneknya dikasih kupon makan. Kalo masalah gratisan mah gak usah pikir panjang deh. Wajah pelayannya mirip pemain Smackdown, Undertaker, dengan rambur panjang dengan tatapan mata “menyejukkan” hati penumpang yg mau ambil nasi. Lauknya lumayan, ada tempe, sayur sop dan ayam gulai.

 
Hari keempat (15 juni 2012)
Jam 1 pagi bis melanjutkan perjalanan. Memasuki daerah sumbawa tengah sampai ke kota Dompu jalan sedikit agak rusak dan banyak perbaikan jalan. Sepanjang perjalanan saya melihat kuda” liar di pinggir jalanan. Juga dengan sapi bertanduk panjang beserta anjing hutan yang lalu lalang di jalanan. Tak heran banyak bangkai hewan terlindas disini. Ngeri juga yah kalo mobil troubel disini, bisa di gigit anjing dan di tanduk sapi tuh. Ckck

Jam 6 pagi pas, saya sampai di terminal Dara, Bima. Di terminal ini sudah menjadi tradisi bis” kecil seperti kopaja selalu standby mulai jam 5 pagi untuk mengangkut penumpang Bis besar untuk menuju pelabuhan sape. Semacam bis jemputan gitu lah. Karena kapal yang akan berangkat ke Labuan bajo dari pelabuhan sape setiap hari jadwalnya rutin sekitar jam 9 pagi. Saya naik bis kecil tersebut dan duduk di bangku depan untuk mengabadikan lintas Bima-Sape. Ngetem sekitar setengah jam sambil menunggu bis besar yang datang di terminal. Jalanan dari Bima ke sape sangat kecil dan sempit, sehingga seluruh bis besar hanya sampai kota Bima saja, selanjutnya transit naik bis kecil ini sampai sape. Setelah bis penuh sampai penumpang duduk di atap bis, bis segera berangkat.

Mentari pagi itu cukup menyinari perjalanan kami sampai ke Sape. Kamera saku Cannon PSA 480 yg saya bawa sangat cocok sekali dengan cahaya terang sehingga gambar dan video nya cukup bersih. Untuk travelling sejauh ini lebih enak bawa kamera saku drpd SLR, cukup berat dan merepotkan. kalo naik pesawat sampe Bima mah gapapa, tapi saya kan naik bis. Hhe


Kondisi jalan disini lah yang paling menakjubkan bagi saya. Jalan lebih sempit dan tikungan tajam terhalang tebing.  Jalanan disini berada di atas bukit yang memang di bangun sebagai jalan lintas untuk sampai ke sape. Kondisi aspal masih sedikit yang bagus, setelahnya jalan tanah pasir campur kerikil yang sangat berbahaya bagi pengendara motor. Sebelah kiri jurang kira” sedalam 40 meter ke bawah. 



Kadang di sebelah kiri jurang, disebelah kanan nya rumah penduduk. Nanti selang beberapa kilo, sebelah kiri rumah penduduk, sebelah kanan nya jurang.  Jangan sempet” nya ngantuk deh karena pembatas jalan dengan jurang juga tidak banyak. Hhe 



 
Pas 2 jam perjalanan, bis sampai di depan dermaga pelabuhan sape. Banyak penumpang bis yang memang akan lanjut ke Labuan bajo. Saya memilih “tinggal” disini. Saya rasa perjalanan dari jakarta sampai ke pelabuhan Sape selama 62 jam di atas bis dan kapal sudah cukup bagi saya. Enak nya lagi, disini banyak losmen sebagai tempat istirahat kita. Hanya 5 meter dari gerbang pelabuhan, saya menemukan Losmen dengan bangunan yg modern, namanya Losmen Mutiara. 



Masuk ke dalam dan segera mencari si empunya losmen. Di panggil “ gak ada suara, sepi. Karena kebelet kencing akhirnya saya nyari toilet dulu baru bilang mau nginep. Pas keluar dari toilet baru deh ketemu bapak” penjaga losmen. Tarif disini berkisar dari yang paling murah Rp.50.000 sampai yg bagus sekitar 250rban. Saya pilih yang 50rb aja, yang penting bisa tidur nyaman dan ada colokan listrik untuk menghidupi BB yg mati mulu ini. 


Saya dikasih kunci nomor 5, pas di ujung dekat dengan toilet.  Toilet berada di luar kamar dengan jarak sekitar 3 meter dari kamar saya. Ruangan kamar cukup sederhana, hanya ada kasur berukuran sedang, kipas angin beserta colokan listriknya. Pas deh sesuai harapan saya dengan harga murah dengan fasilitas seperti ini udah bagus banget. Istirahat sebentar, langsung mandi. Bau badan udah gak karuan antara bau asap truck, bau sengatan matahari selama di kapal, dan masih banyak lagi. Selesai mandi langsung cari makan, di seberang losmen ada rumah makan padang. Gak jauh ya kemana pun travelling nya makan di Rumah Makan Takana juo haha.  Abis mandi, makan enak, kebayang kan ngantuk nya kaya gimana sehabis 62 jam di perjalanan. Setelah minum obat masuk angin dan koyo yang ditempel di punggung,  saya tertidur pulas sepulas”nya.

Kegiatan  saya selama di sape sangat membosankan. Karena saya mengira disini ada tempat untuk berwisata atau sekedar melihat pemandangan alam ternyata tidak saya dapatkan. Sape adalah kota kecil dimana di ujung jalan ini terdapat pelabuhan kecil untuk nyebrang ke labuan bajo. Sekeliling tempat saya menginap juga hanya rumah” padat penduduk dan terlihat pasar di kejauhan. Sape adalah kota transit, bukan kota wisata. Satu saran saya, kalo ingin nginap di Bima saja, lebih ramai, banyak kuliner, dan cuaca sedikit lebih dingin ketimbang di sape.


Tapi namanya saya yang Cuma pengen naik bis sampai ke Ujung pulau sumbawa, tidak pergi berwisata air dan mencicipi kuliner khas tidak begitu menjadi masalah. Sedikit agak menyesal juga sih kenapa saya tidak nginap di Bima saja. Tapi namanya juga baru pertama kali siapa yang tahu. Setelah ini kan kita baru dapat belajar untuk bagaimana nanti nginap dan berwisata di sumbawa ini. Yang pasti, touring ke sumbawa adalah pilihan yang bagus buat yang suka naik bis dan motor karena kondisi jalan nya yg keren dengan pemandangan yang menakjubkan.


Untuk para BisMania yg ingin turing ke Sumbawa, disarankan dari Bima ke arah barat menggunakan bis Safari Dharma Raya karena bis itu satu”nya yang berangkat pagi dari Bima jam 9, bis lainnya berangkat sudah maghrib. Jadi kalo berangkat pagi puas deh menikmati pemandangan di Sumbawa ini.  

 
<--Potret peabuhan sape 

Masyarakat yang saya temui di sini semuanya sangat ramah. Termasuk teman saya Ivan dan Yadi yang tinggal di Dompu. Pemilik losmen juga sangat ramah terhadap wisatawan, memberikan informasi yang jelas, dan pandai berbahasa inggris terhadap bule” yg datang. Begitu juga dengan warung” tempat saya makan, mulai dari rumah makan padang sampai warung makan di pelabuhan semuanya sangat ramah, mereka tidak segan untuk bercanda dengan kita. Bahkan sampai kenek bis yang membawa saya dari sape kembali ke Bima pun sangat ramah sekali. Oh iya, kalau nanti naik bis kecil dari Bima ke sape atau sebaliknya, mending duduk di atas bis deh, karena bisa melihat pemandangan dengan jelas sejelas”nya dan gampang untuk mengabadikan moment.

Tempat saya makan bersebelahan dengan loket penjualan tiket kapal ferry ke Labuan bajo -->



Saya kembali ke Jakarta tanggal 16 juni 2012, naik bis Langsung Indah. Harga tiket sama semua dari bima ke jakarta Rp.550.000. entah kenapa saya lebih suka naik bis langsung ke tujuan daripada ngeteng, ikatan batin dengan bis lebih terasa saking lamanya di bis. Hahaha

Sudah dulu ya, tidak sanggup saya tuliskan semua yang saya alami selama di perjalanan. Pokoknya, ga nyesel deh jauh” ke sumbawa. Harga tiket yg kelihatannya mahal sebanding dengan yg kita rasakan di sumbawa ini.

            
              
                   Terima Kasih..